Tips Memilih Guru Ngaji Berkualitas

Menjelang Ramadhan, tak sedikit orangtua mencari tips memilih guru ngaji berkualitas untuk anak-anaknya. Mengaji Al-Qur’an adalah salah satu kegiatan yang biasanya diperkenalkan sejak dini agar si Kecil dekat dengan agama. Selain itu, langkah ini membantu anak mengenal berbagai konsep duniawi maupun ilahi sesuai ayat-ayat suci yang diturunkan Allah Swt.

Untuk menghindari kesalahan tafsir, pemilihan guru ngaji harus dilakukan secara hati-hati. Berikut ini ada sejumlah hal yang bisa membantu Anda menemukan sosok yang tepat.

  1. Tes kefasihan dan penguasaan Al-Qur’an

Sebagian besar anak memang tak akan langsung dikenalkan dengan Al-Qur’an. Akan tetapi, guru ngaji yang akan Anda tunjuk sebaiknya sudah fasih membaca maupun menguasai konteks ayat-ayat suci dalam kitab. Dalam tips memilih guru ngaji berkualitas, Anda berhak mengetes mereka terlebih dulu sebelum mengambil keputusan akhir.

  1. Perhatikan caranya membimbing anak

Cara guru ngaji membimbing anak didiknya akan mempengaruhi hasil pembelajaran maupun sudut pandang si Kecil terhadap Al-Qur’an. Jika guru yang bersangkutan sudah mengajar di beberapa sekolah, lihat langsung bagaimana mereka berinteraksi dengan anak. Jangan ragu cari yang lain apabila teknik mereka kurang sesuai dengan karakter anak Anda.

  1. Lihat target pembelajaran yang disusun

Semakin baik reputasi guru ngaji yang diincar, semakin padat pula jadwal yang mereka miliki. Oleh karena itu, untuk tips memilih guru ngaji  ke rumah berkualitas kali ini, periksa cara mereka menargetkan materi pembelajaran. Guru ngaji yang sudah berpengalaman pasti tak akan kesulitan saat harus mengatur jadwal saat menerima maupun melepas anak didiknya.

  1. Rajin beribadah dan mengamalkan hal-hal terpuji

Bukan hanya lihai dalam melafalkan ayat-ayat Al-Qur’an, guru ngaji profesional juga harus mampu mencerminkan akhlak terpuji yang disebutkan dalam kitab tersebut. Misalnya saja bagaimana mereka menjaga salat lima waktu. Dari sini, Anda menjadikan mereka sebagai contoh teladan juga untuk anak yang belum terbiasa beribadah.

  1. Dapat beradaptasi dengan lingkungan

Tips memilih guru ngaji berkualitas selanjutnya adalah kemampuannya dalam beradaptasi dengan lingkungan baru. Ada kalanya mereka berhadapan dengan situasi dan kondisi bertentangan yang menyulitkan proses pembelajaran. Jika guru tersebut adalah pengajar profesional, mereka pasti tak akan cepat terganggu dan berusaha menyesuaikan diri tanpa menyalahi aturan agama.

  1. Menetapkan tarif mengajar yang terjangkau

Tak ada yang salah dengan membayar guru ngaji, terutama kalau mereka memberikan hasil sesuai ekspektasi Anda. Guru ngaji yang sudah lama berkecimpung di bidang ini biasanya tahu tarif yang akan dipasang sesuai kapasitas orangtua maupun kemampuan anak. Jangan paksa juga apabila mereka menolak bayaran Anda.

Demikian enam tips memilih guru ngaji berkualitas yang diharapkan membantu Anda menemukan pengajar yang dibutuhkan!

Comments are closed.