Resep Krecel khas yogyakarta

Hari ini catering jogja mau bikin sambal goreng krecek ni untuk yang belum tau sambal krecek adalah olahan kulit sapi dan merupakan salah satu masakan yang biasanya dihidangkanbuat lebaran jadi kalau kita punya sambal goreng krecek di saat lebaran rasanya baru komplit deh lbaran kita selain menjadi menu special untuk lebaran sambal krecek ini biasanya dapat kita jumpai pada acara prasmanan seperti apa proses pembuatannya yuk langsung saja kita buat sambal kreceknya

 

Bahan bahan yang diperlukan untuk membuat sambal krecek disini adalah krecek atau kerupuk kulit 1 bungkus, terus ada daging tetelan 400 gram daging yang di terdapat sedikit lemak  di dalemnya, terus ini ada cabe rawit Jawa ,terus kacang tolo 100 gram kacang tolo pertama tama rendam kacang tolo selama 2 jam supaya ukurannya jadi mengembang kemudian  bumbu-bumbunya yang di butuhin disina ada cabe merah 15 buah yang besar kemudian kemiri 5 butir , cabe rawit Jawa 5 buah, bawang merah 10 siung ,bawang putih 5 siung, daun salam, lengkuas, daun jeruk, serai, garam kaldu bubuk, gula merah sama santan.

 

Langsung aja kita akan buat menu khusus lebaran nya langkah pertama kita mau rebus dulu kacang tolonya Setelah air mendidih baru kita masukin kacang nya kemudian diam sambal Kita menggoreng cabe merah besar ,cabe rawit Jawa, kemiri ,bawang putih ,bawang merah semuanya kita goreng semua bumbu bumbu yang tadi di masukan sampai layu menggunakan minyak sampai harum jadi bumbu bumbu yang tadi jika digoreng akan menimbulkan bau harum dan rasa langgu nyaakan menghilang.

 

Selanjutnya kita akan tisiskan dan menghaluskan baha bahanya cara menghaluskan nya  bisa diblender bisa juga diulek setelah bumbu dihaluskan kita kan tumis dengan sedikit minyak setellah di aduk aduk kita masukan bahan bahan yang sudah di geprek diantaranya daun jeruk, jahe,daun salam dan daun sere aduk terus sampe warnanya agak kecoklatan sedikit kalo sudah masukan bumbu yaitu gula merah, garam, sama kaldu bubuk aduk aduk warnanya perlahan lahan akan berubah menjadi merah lebih tua dan akan tercium aroma wangi.

 

Sekarang kita bisa masukin daging tetelan daging masukan sedikit santan dulu saja  tujuannya untuk membuat rendam daging supaya empuk.Masak dengan api sedang cenderung kecil tidak usah terlalu besar apinya agar bumbu terserap di daging masak selama setengah jam supaya dagingnya menjadi empuk.

 

Setelah matang sekarang kita masukin santan nya semua kemudian aduk aduk terus dengan tujuan supaya santan nggak pecah aduk sampai mendidih kemudian baru kita masukin krecek nya kemudian masukin kacang tolo yang tadi sudah di rebus kemudian masukan juga cabe jawa/rawit tunggu hingga krecek sudah menjadi lembek

 

Saat nya di santap  temen temen kalo temen temen sudah mencoba resep sambel krecek kcatering jogja ini pasti aroma mantep bener serta aroma rempah-rempahnya lebih keluar dan ini udah enak banget oiya temen temen ternyata tetelan ini lebih enak dari daging itu sendiri lo karena di dalam tetelan sendiri itu sudah mengandung sedikit lemak-lemak sambal krecek bisa di santap menggunakan  nasi bisa  juga menggunakan ketupat juga enak pakai lontong juga enak udah deh pokoknya ini lauk yang serba masuk kemana aja sambel krecek pokok nya enak banget nih geguritan dari tetelannya ini mempengaruhi dari bumbunya jadi bumbunya ini ada campuran minyak minyak yang di mana tetelannya campuran minyaknya sedikit mencair ya jadi jadi gurih banget ini udah cocok banget nih buat menu maupun momen spesial kayak lebaran maupun untuk acara pernikahan temen temen pokok nya menu ini harus ada ni kalo temen temen ingin menyajikan sambal krecek untuk acara lebaran, pernikahan, syukuran  tapi terlalu sibuk untuk masaknya karna mungkin lagi repot atau banyak pekerjaan yang temen temen sedang lakukan temen temen gausah kawatir serahkan saja urusan masak memasaak kepada catering jogja dijamin siap membantu dan menyukseskan acara yang temen temen ingin selenggarakan.pokok nya di jamin uenak dan menu nya lengkap temen temen dari nasi box, catering pernikahan , coffe break dan acara lain nya yuk langsung aja klik catering jogja.

 

Comments are closed.