Apa itu One UI Pada Smartphone Samsung

Berawal saat One UI menggantikan Samsung Experience untuk menjadi antarmuka khusus Samsung untuk Android. Ini lebih disederhanakan, minimalis dan dirancang hanya menampilkan informasi yang diperlukan untuk mengurangi gangguan.

Dilansir di website teknologisaya.com, pengalaman pengguna One UI Samsung sangat berguna karena mendapatkan layar yang lebih besar dan penggunaan satu tangan yang lebih baik.

Tujuan One UI adalah untuk meminimalkan masalah akibat penggunaan ponsel pintar yang berlebihan, termasuk nyeri sendi dan ketegangan syarat mata. Antarmuka kustom One UI mulai diluncurkan pada awal 2019 untuk smartphone Galaxy terbaru.

Manfaat One UI

Smartphone menyebabkan banyak efek samping, termasuk masalah seperti sindrom Texting Thumb (tendonitis atau sinovial, termasuk tendon yang mengontrol pergerakan ibu jari) dan stres berulang. One UI dirancang untuk mengurangi stres berulang, karena banyak orang menggunakan atau mencoba menggunakan ponsel dengan satu tangan.

Samsung memang membagi layar di banyak aplikasi seperti Messages, menempatkan konten di bagian atas layar dan tombol di bagian bawah. Dengan cara ini, orang tidak perlu memanjangkan ibu jari mereka dengan terpaksa atau memindahkan ponsel di tangan mereka karena ini dapat menyebabkan layar terjatuh dan retak.

Misalnya juga, aplikasi Jam menunjukkan berapa lama sebelum alarm berikutnya berbunyi, sementara itu Anda dapat mengatur alarm menggunakan tombol kontrol di bagian bawah. Juga, di area tampilan di atas, Anda akan melihat teks yang lebih besar. Untuk ponsel besar seperti Galaxy Note 9 , tata letak ini jauh lebih mudah untuk dipegang di tangan Anda.

Pendekatan layar terbagi ini juga akan bekerja dengan baik dengan objek yang dapat dimanipulasi di satu sisi dan yang lain berfokus untuk melihat konten.

One UI juga telah dirancang untuk membuat mata lebih nyaman, dengan warna-warna cerah dan desain melingkar untuk ikon aplikasi, serta banyak hal lainnya.

Meningkatkan Produktivitas

Tujuan lain Samsung adalah untuk mengurangi gangguan yang merupakan efek samping lain dari lamanya Anda menggunakan smartphone. Oleh karena itu, karena gangguan berkurang maka produktivitas akan meningkat.

READ  Apa Sih Virus Corona itu?

Misalnya, elemen yang disebut Focus Mode, berguna untuk mengelompokkan pengaturan terkait sehingga membuat navigasi lebih mudah dan lebih cepat.

One UI juga memiliki Mode Gelap yang cocok untuk berbagai aplikasi, sehingga Anda tidak akan terganggu oleh layar cerah pada ponsel. Mode Do Not Disturb pada One Ui berguna juga untuk tetap fokus.

Perbarui One UI Segera

Pada Februari 2020. Samsung merilis One UI 2, menambahkan sejumlah fitur termasuk peningkatan pada Mode Gelap, perekam layar, dan beberapa perubahan antarmuka. One UI 2 juga mendapat manfaat dari banyak peningkatan yang ada di dalam Android 10 .

Perekam layar berfungsi merekam apa yang terjadi di layar, disertai dengan audio yang direkam oleh mikrofon dan audio yang diputar di telepon. Ada juga opsi untuk menambahkan video selfie dan menggambar di layar saat merekam.

Terakhir, ada dua opsi untuk menampilkan pemberitahuan panggilan masuk: Peringatan layar penuh (seperti pada Android) atau pop-up mengambang, sehingga Anda tidak terganggu ketika bermain game atau menonton video.

Comments are closed.