Mengenal Gerbang Logika NOR Beserta Prinsip Kerjanya

Gerbang logika dasar beserta simbolnya cukup penting untuk dipelajari. Hal ini karena hal tersebut tidak lepas dari kehidupan kita serta mempunyai peranan yang sangat penting. Dengan sebutan lain logic mate yang artinya dasar pembentukan sistem elektronika digital.

Sistem ini mempunyai fungsi untuk mengubah satu atau beberapa input menjadi sebuah sinyal output logis. Selain itu, logic mate beroperasi sesuai dengan sistem bilangan biner, yakni bilangan yang hanya memiliki dua kode simbol. Terdapat beberapa jenis logic mate dasar yang perlu anda pahami, salah satunya adalah logic mate NOR.

Mengenal Gerbang Logika NOR Beserta Prinsip Kerjanya

Arti dari NOR adalah NOT OR atau bukan OR. Gerbang NOR merupakan kombinasi dari gerbang NOR serta gerbang NOT. Dalam kombinasi tersebut, dapat menghasilkan kebalikan dari keluaran atau output gerbang OR.

Selanjutnya gerbang NOR akan menghasilkan keluaran atau output logika nol jika salah satu dari input atau masukan mempunyai nilai logika satu. Jika ingin mendapatkan keluaran atau output logika satu, maka seluruh masukan atau input tersebut harus memiliki nilai logika nol.

Simbol Gerbang Logika NOR

Gerbang OR akan dihubungkan pada suatu pembalik atau inverter. Masukan A dan B di OR dengan tujuan untuk membentuk Aljabar Boolean A+B. Selanjutnya A + B dibalik dengan gerbang NOT. Proses ini dikatakan bahwa rangkaian tersebut merupakan suatu NOT OR atau rangkaian NOR.

Perlu anda perhatikan bahwa simbol gerbang NOR merupakan simbol OR dengan gelembung kecil pada keluarannya. Gelembung tersebut seringkali disebut dengan gelembung pembalik atau invert buble. Gerbang NOR mempunyai simbol Z= X + Y (variable input X + Y yang diberi lambang minus pada atasnya).

Prinsip Kerja Gerbang Logika NOR

Gerbang NOR dengan dua buah saluran masukan A dan B serta saluran keluaran C dimana akan diperoleh persamaan Boolean adalah C= A+B (dibaca AOR B NOT). Hal ini dikarenakan keluaran dari gerbang OR di”NOT’kan maka, prinsip kerja NOR yang merupakan kebalikan dari gerbang OR. Dengan adanya prinsip kerja tersebut, maka dapat ditentukan tabel kebenarannya.

READ  Yuk Kenali Tarif Ekspedisi Murah Ke Papua Manokwari

Sedangkan pada gerbang NOR yang mempunyai saluran masuk lebih dari dua buah, memiliki operasi yang sama dengan yang mempunyai saluran masuk dua buah. Dari hal ini dapat disimpulkan bahwa keluaran gerbang NOR akan memiliki nilai 1 jika semua saluran masuknya memperoleh nilai 0.

Terdapat tiga simbol pada gerbang logika NOR yang diantaranya simbol Amerika atau biasa disebut dengan ANSI atau militer. Simbol yang kedua IEC atau Eropa atau persegi panjang. Sedangkan untuk simbol yang ketiga adalah DIN yang saat ini sudah tidak digunakan lagi. Mengenai simbol ANSI pada gerbang NOR adalah gerbang OR standar dengan gelembung inversi terhubung. Gelembung tersebut menandakan bahwa fungsi gerbang telah dibalik.

Comments are closed.