Mengenal Apa Itu Gerbang Logika dan Jenis-Jenisnya

Gerbang logika memiliki istilah asing yakni logic gate. Artinya adalah sebuah dasar yang digunakan untuk pembentukan sistem elektronika digital. Logic gate ini memiliki fungsi untuk mengubah beberapa masukan atau input menjadi sebuah ouput atau keluaran.

Secara sederhana istilah tersebut memiliki arti sebuah blok dasar yang berfungsi untuk membangun rangkaian elektronika digital. Bagaimana cara kerja logic gate ini? Cara kerjanya adalah beroperasi dengan menggunakan bilangan biner.

Mengenal Jenis-Jenis Gerbang Logika

Istilah logic gate sendiri terdapat dalam sistem elektronika. Penggunaan gerbang ini membutuhkan beberapa komponen pendukung. Sehingga tidak bisa beroperasi sendiri.

Ada beberapa komponen pendukungnya seperti relay, dioda, transistor, elemen metanikal, dan IC atau Integrated Circuit. Gerbang logika sendiri juga dibagi menjadi beberapa jenis, seperti.

1. Gerbang NOR

NOR atau kepanjangan dari Not OR merupakan gerbang yang memiliki dua sinyal masukan bahkan lebih. Berbeda dengan sinyal masukan, NOR hanya memiliki satu sinyal keluaran. Karakteristik dari gerbang NOR adalah hanya mengetahui sinyal masukan dengan nilai bit nol.

2. Gerbang NAND

NAND merupakan kepanjangan dari Not AND yang memiliki karakteristik hampir sama dengan NOR. Jenis gerbang logika NAND memiliki dua sinyal masukan bahkan lebih.

Sedangkan sinyal keluarannya hanya memiliki satu buah saja. Gerbang NAND juga memiliki karakteristik yakni sinyal keluarannya lebih rendah. Kemudian sinyal masukannya memiliki keadaan lebih tinggi dari angka 1.

3. Gerbang OR

Jenis yang selanjutnya adalah gerbang OR yang membutuhkan 2 buah input bahkan lebih. Tujuannya adalah untuk menghasilkan satu output. Jenis gerbang OR akan menghasilkan keluaran 1 jika inputnya memiliki jumlah yang sama.

4. Gerbang AND

Selanjutnya adalah jenis gerbang AND yang hampir sama dengan gerbang OR. Sehingga karakteristik dan pengertiannya hampir sama. Gerbang AND memerlukan 2 input bahkan lebih untuk menghasilkan satu keluaran.

READ  Jasa Angkut Dan Pindah Rumah Dari Pontianak ke Bandung

Gerbang AND menggunakan simbol titik untuk pengoperasiannya. Namun jenis gerbang ini juga tidak memakai tanda sama sekali.

5. Gerbang Non Inverter

Jenis gerbang logika yang selanjutnya adalah gerbang non inverter. Jenis gerbang yang satu ini memiliki sinyal masukkan berjumlah 2 input bahkan lebih. Gerbang non inverter juga menghasilkan sinyal keluaran yang tergantung pada sinyal masukkan.

6. Gerbang Inverter

Apa yang dimaksud dengan gerbang inverter? Jenis gerbang yang satu ini memiliki pengertian hampir sama dengan non inverter namun tetap saja ada perbedaannya.

Gerbang yang satu ini memiliki satu sinyal masukan atau input dan satu sinyal keluaran. Antara sinyal masukan dan sinyal keluaran saling berlawanan. Sebab, gerbang inverter merupakan gerbang yang komplemen atau lawan.

7. Gerbang XOR

Jenis gerbang yang satu ini memiliki karakteristik berbeda dari yang lainnya. Gerbang XOR hanya mengenali dan menerima sinyal dengan bit tinggi. Jumlah bit tersebut juga harus berjumlah ganjil agar bisa menghasilkan bit yang bernilai tinggi juga.

Beberapa jenis gerbang logika tersebut sangat berkaitan dengan teknologi digital. Penggunaannya berbeda-beda mengingat setiap jenis gerbang memiliki karakteristik yang berbeda.

Comments are closed.