Mall di Jakarta Akan Diperkirakan Buka Kembali 8 Juni

Setelah hampir dua bulan sejak akhir bulan Maret lalu, satu per satu mal atau pun toko di Jakarta tutup. Hal ini dikarenakan adanya penerapan PSBB (pembatasan sosial berskala besar.

Ketua Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah mengatakan, Jika tidak ada perubahan mal di wilayah DKI Jakarta akan kembali dibuka. Mal akan dibuka dalam waktu dekat yaitu 8 Juni 2020. Pembukaan akan berlaku jika tida ada perubahan jadwal.

Waktu pembukaan mal di Jakarta ini diakui sesuai dengan timeline pemerintah, mengenai skenario pemulihan ekonomi nasional pasca pandemic virus corona (Covid – 19). Di dalam timeline tersebut tertuliska,  bahwa pada tanggal 8 Juni 2020 pusat perbelanjaan seperti mal dan pasar akan beroperasi kembali. Tetapi dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Aktivitas di mal nantinya akan berubah tidak seperti pada biasanya, karena mengingat situasi pandemi virus corona (Covid – 19). Bagi karyawan dan pengunjung mal dalam mencegah penyebaran virus corona, pengunjung diwajibkan untuk menjaga jarak yaitu minimal 1,5 meter saat melakukan transaksi.

Bukan hanya pada saat memasuki area mal, pengunjung yang akan memasuki toko seperti salon dan area permainan akan dilakukan pengecekan suhu tubuh. Jika pengunjung kedapatan suhu tubuhnya melebihi 37,4 derajat celcius, pengunjung tidak akan diperbolehkan untuk masuk.

Lalu, disaat mal nantinya beroperasi kembali karyawan maupun pengunjung di wajibkan memaki masker selama berada di mal. Hand sanitizer akan disediakan disetiap titik dimana orang akan melakukan interaksi, seperti pada akses masuk mal atau pun toko dan juga area kasir.

Kegiatan Mal Jakarta Diminimalisir

Kegiatan yang diharuskan melayangi pengunjung dengan bersentuhan akan diminimalisir. Seperti, petugas kasir akan menyiapkan nampan kecil untuk menaruh dan menerima uang tuna atau kartu.

Setelah mal di DKI Jakarta akan beroperasi kembali, pengunjung disarankan untuk melakukan transaksi secara non – tunai selama melakukan kegiatan berbelanja. Hal ini guna untuk menekan penyebaran uang tunai, yang dianggap kotor karena peredaran uang tunai yang sangat luas.

READ  3 Film Yang Bisa Nemenin Kegiatan Karantina Kamu di Rumah

Di dalam protokol kesehatan tersebut, petugas kasir akan diminta untuk selalu membersihkan pad pada mesin Electronic Data Capture (EDC) saat akan digunakan pengunjung. Dan jika tidak ada pilihan lain dimana pengunjung harus tetap melakukan transaksi menggunakan uang tunai, petugas kasir diminta unutk selalu membersihkan tangganya menggunakan hand sanitizer setelah melakukan transaksi.

Untuk bisnis salon belum diketahui kapan akan beroperasi kembali. Tetapi jika dilihat dari timeline pemerintah mengenai skenario pemulihan ekonomi, salon akan dibuka kembali pada 15 Juni 2020 mendatang.

Sehingga setelah resmi mal di Jakarta akan dibuka kembali, berbagai protokol kesehatan akan diterapkan. Berdasarkan protokol kesehatan, karyawan dan pengunjung salon akan disediakan baju pelindung berbahan plastik sekali pakai seperti jas hujan. Jadi bagaimana kita harus bereaksi ?.

Comments are closed.