Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Kanopi Kantilever

Dewasa ini, penerapan penggunaan kanopi kantilever sudah banyak ditemukan di area pemukiman khususnya di komplek perumahan. Hal ini dikarenakan penerapan kanopi jenis ini sangat cocok untuk rumah atau bangunan yang memiliki keterbatasan lahan. Karena dengan tidak adanya tiang penyangga, kanopi kantilever sangat cocok untuk difungsikan sebagai cartport. Namun, sebelum Anda melakukan instalasi kanopi kantilever ke rumah atau bangunan Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Spesifikasi struktur kanopi kantilever

Struktur Kantilever meniadakan tiang penyangga dengan strukturnya hanya dijepit atau ditopang pada salah satu ujung. Dikarenakan tidak ada diang penyangga, beban yang ada hanya disalurkan ke balok, baru kemudian kolom pondasi. Untuk itu, jika ingin melakukan instalasi struktur ini ke bangunan Anda, harus memenuhi syarat tertentu yaitu panjang maksimal kanopi 1,5 m.

Untuk penggunaan lebih dari 1,5 m seperti misalnya pada teras dimana kanopi ini difungsikan juga sebagai pelindung akses masuk, perlu ditambahkan kolom praktis atau kawat baja. Hal ini supaya beban tersalurkan secara merata. Jika tidak, dikhawatirkan struktur atap pada kanopi akan patah karena tidak mampu menahan beban layang kanopi.

Kanopi Kantilever tidak didesain untuk menahan beban benda, beban aktivitas, atau beban eksternal lainya. Kanopi Kantilever didesain hanya untuk menahan bebanya sendiri ataupaun beban cuaca seperti hujan atau terpaan angin.

Pemilihan material pada kanopi kantilever

Pemilihan material ini bertujuan untuk membangun kanopi yang kuat dan tahan lama atau menyesuaikan dengan desain rumah untuk menambah nilai estetika. Untuk pilihan konstruksi kanopi, diharapkan untuk memilih material yang ringan, hal ini bertujuan untuk mengurangi beban kantilever. Selain itu pemilihan material konstruksi ini juga diharapkan mengikuti prinsip estetika bangunan. Beberap material yang biasanya digunakan untuk kontruksi kanopi seperti kayu, baja, beton betulang ataupun kombinasinya. Untuk menambah nilai estetik biasanya juga digunakan material seperti bambu.

Pemilihan rangka pada struktur kantilever juga tidak bisa sembarangan. Diharapkan rangka kuat dalam menahan beban, awet, serta mampu menahan terpaan cuaca. Beberapa matetial yang lazim digunakan dalam kanopi kantilever seperti besi hollow, kayu, baja ringan, dan alumunium. Untuk hasil terbaik gunakan jasa berpengalaman seperti jasa bangun rumah Jogja yang melayani pembuatan rumah, kanopi dan bangunan lainnya.

Untuk pemilihan penutup kanopi disesuaikan dengan fungsi kanopi ataupun unsur estetika pada kanopi. Misalkan untuk kanopi yang difungsikan untuk melindungi jendela atau ventilasi, bisa digunakan bahan polikarbonat.

Bahan polikarbonat sangat bagus untuk mengontol intensitas cahaya yang masuk. Untuk kanopi kantilever yang difungsikan sebagai teras atau cartport, jika Anda menggunakan bahan kaca sebagai penutup kanopi, pastikan kaca yang digunakan adalah kaca tempred, atau laminated. Hal ini bertujuan untuk melindungi kendaraan atau akses masuk rumah Anda dari cuaca ekstrim.

Nah, inilah beberapa hal yang perlu Anda pahami sebelum menerapkan kanopi kantilever ke bangunan Anda. Aspek-Aspek seperti kekuatan, ketahanan, estetika, maupun ekonomis, sangat perlu diperhatikan supaya kanopi kantilever Anda dapat difungsikan secara maksimal.

Comments are closed.