Cara Mencegah Terjadinya Banjir dan Tanah Longsor

Banjir dan tanah longsor merupakan sebuah bencana alam yang sifatnya selalu datang tiba tiba, biasanya banjir datang pada saat setelah hujan dan tanah longsor disebabkan pada wilayah yang memiliki banyak lereng dengan kemiringan diatas 45 derajat. Pastinya kedua bencana alam ini sangat membahayakan kita semua serta dapat memberi dampat buruk bagi kita. Perlu kita ketahui cara mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor berikut ini.

Cara mencegah terjadinya banjir

1. Membuang sampah pada tempatnya

Membuang sampah sembarangan tentunya bukan hal baru diketahui bagi setiap manusia, tapi tetap saja dilanggar dan tetap membuangya sembarangan. Sampah yang menumpuk dalam jangka panjang dapat menutupi aliran air dan membuanya meluap yang dapat menyebabkan banjir.

2. Membuat saluran air bawah tanah

Banjir disebabkan karena aliran air yang tertutupi maka dari itu buatlah saluran air bawah tanah untuk mengurangi terjadinya banjir dengan saluran air yang baik. Selain itu anda juga harus memastikan bahwa saluran yang anda buat akan membawa air kepada aliranĀ  yang lancar seperti laut

3. Membersihkan dan merawat aliran air

Setelah membuat saluran air maka anda juga harus membersihkan dan merawat aliran air. Saluran air yang kotor dan tersumbat tentunya akan memicu banjir. Maka kita harus rajin membersihkan saluran air.

4. Melakukan penanaman pohon

Menanam pohon menjadi sarana penangkal banjir karena akar pohon dapat meresap air, tentu saja akan mengurangi potensi banjir. Pohoh yang ditanam usahakan adalah pohon yang mempunyai batang besar, karena pohon yang besar terdapat akar kuat yang mampu menciptakan rongga rongga tanah yang lebih baik.

READ  Rekomendasi Manga Action

Cara mencegah terjadinya tanah longsor

1. Tidak membangun rumah di bawah tebing

Tebing bisa saja longsor dan dapat melukai siapapun bahkan dapat memakan korban, namun dengan cara tidak membangun rumah di bawah tebing tentunya ini akan mengurangi korban terhadap bencana alam ini.

2. Jangan menebang pohon di tebing

Pohon tentunya dapat menahan tanah melalui akarnya yang kuat, akar pohon mempunyai kelebihan dengan meresap air dan menyimpan tentunya akan membuatnya akan menahan aliran air yang dapat merusak struktur tanah.

3. Membangun beton pada tebing

Ketika tanah longsor datang tentunya tebing akan menahan tanah sehingga tanah tidak langsung menenai rumah dan tidak memakan korban. Dan tebing tentunya akan meminimalisir terjadinya tanah longsor karna tebing yang tertutup dengan beton.

4. Terasering

Membuat terasering pada tebung tentunya adalah cara yang dilakukan sejakdahulu kala. Sawah yang dibuat seperti anak tangga ini tentunya sangat bermanfaat sebagai penahan tanah karena bagian bagian yang datar. Selain itu terasering akan menambah nilai keindahan pada sawah tersebut.

5. Tidak membangun diwilayah sungai

Membangun di wilayah sungai sangat waspada terjadi longsong karena struktur tanah menjadi rusak karena mengandung air. Sebaiknya menanam pohon di wilayah sungai.

Demikian cara mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor. Semoga dapat menambah wawasan kita semua.

Comments are closed.