BLT Dianggap Ampuh Bantu Ekonomi Saat Pandemi

Berita BLT – Presiden Jokowi saat ini telah mengupayakan beberapa tindakan. Tindakan itu untuk menekan berbagai dampak yang dirasakan masyarakat Indonesia akibat adanya pandemi Covid-19. Salah satu kebijakan yang dilakukan oleh presiden Jokowi adalah memberikan Bantuan Langsung Tunai atau BLT kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

Di tengah pandemi virus corona seperti sekarang ini, Mantan Menteri Keuangan periode 2013 – 2014 Chatib Basri menilai efektifitas BLT. Chatib Basri Menilai bahwa bantuan langsung tunai adalah bantuan yang sangat ampuh. Untuk upaya memulihkan perekonomian Indonesia bila dibandingkan dengan bantuan sembako.

Ia berpendapat bahwa saat ini BLT juga hanya diberikan untuk kelompok miskin. Namun bisa di-extend ke lower middle income sehingga itu juga efektif menerima Bantuan. Karena menurutnya saat ini menerima cash akan jauh lebih berguna bila dibandingkan dengan menerima sembako beras dan mie instan.

Chatib Basri mengatakan cara agar roda perekonomian Indonesia Kembali berputar. Adalah dengan menggenjot daya beli masyarakat melalui belanja, dengan adanya perputaran di tengah masyarakat sehingga ini akan membuat perekonomian pun juga akan ikut berputar dengan sendirinya.

Komentar Chatib Basri Soal BLT

Saat ini menurut Chatib Basri, masyarakat tidak berbelanja karena tidak memiliki uang cash akibat pendapatan masyarakat menurun. Sehingga ekonom jebolan Universitas Indonesia ini menyarankan pemerintah agar memperluas penerima bantuan langsung tunai. Dan bukan hanya menyasar kelas bawah saja tetapi juga menyasar kelas menengah.

Chatib juga menyebut bahwa saat ini jumlah golongan menengah ke bawah di Indonesia saat ini mencapai 115 juta orang atau 30 juta rumah tangga. Jika mendapatkan BLT sebesar Rp 1 juta per bulan, maka dana yang perlu dipersiapkan pemerintah adalah sebesar Rp 30 triliun per bulan atau sekitar Rp 120 triliun untuk empat bulan.

Sebelumnya, Kementerian Sosial (Kemensos) sudah menyalurkan jutaan paket sembako kepada masyarakat pada awal-awal masa pandemi. Paket tersebut berisikan beras, mie instan, sarden hingga masker yang diberikan kepada masyarakat.

Saat ini pemerintah sudah menyiapkan berbagai macam bantuan langsung tunai (BLT) ataupun bansos. Pemerintah menyiapkan BLT bagi pekerja anggota aktif BPJS Ketenagakerjaan, lalu pemerintah menyiapkan subsidi bagi UMKM, BLT dana desa, bantuan sosial melalui program Kartu Prakerja, dan subsidi listrik. Daftar bantuan pemerintah ini akan berjalan dari bulan Agustus hingga Desember 2020.

READ  Apa itu One UI Pada Smartphone Samsung

Masyarakat juga berharap bahwa bantuan langsung tunai (BLT) yang diberikan oleh pemerintah ini dapat berjalan dengan lancar dan tidak terhambat disaat sistem pendataan. Terlebih lagi masyarakat berharap penyaluran BLT ini akan tepat sasaran sesuai dengan target pemerintah.

Comments are closed.