Apa Sih Virus Corona itu?

Virus Corona atau yang lebih dikenal dengan nama Covid – 19  adalah jenis virus baru. Virus ini berasal dari coronavirus yang dapat menular ke manusia. Penyakit ini juga bisa menyerang siapa saja mulia dari bayi, anak- anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil dan ibu menyusui.

Penyakit yang disebut Covid-19 ini ditemukan pertama kali di kota Wuhan, Cina pada akhir desember 2019. Virus ini menular dengan sangat cepat. Dan juga telah menyebar ke wilayah lain di Cina. Dan ke beberapa negara termasuk juga Indonesia.

Gejala yang ditimbulkan dari Virus Corona ini dapat menyebabkan penderita mengalami beberapa gejala. Gejala tersebut seperti gejala flu, demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, sakit kepala dan juga gejala penyakit infeksi pernapasan berat seperti demam tinggi, batuk berdahak bahkan bisa juga berdarah, sesak napas dan ada rasa nyeri di dada.

Namun jika secara umum ada 3 gejala yang bisa menandakan orang tersebut terinfeksi virusu Corona. Yaitu seperti, demam diatas 38 derajat Celsius, batuk dan sesak napas. Menurut penelitian gejala virus Corona ini muncul dalam waktu 2 hari atau sampai 2 minggu setelah terpapar covid – 19.

Seperti Apa Gejala Virus Corona ?

Kita harus segera memeriksakan diri ke dokter apa bila mengalami secara langsung gejala – gejala virus Corona. Seperti yang disebutkan di atas apalagi jika gejala itu muncul dalam waktu 2 minggu. Apabila mungkin terkenan Coronavirus namun tidak menunjukan gejala apapun, tidak perlu pergi memeriksakan diri ke rumah sakit hanya perlu tinggal dirumah saja selama 2 minggu atau 14 hari dan juga membatasi kontak dengan orang lain.

Penyebab virus Corona atau Covid – 19 disebabkan oleh sekelompok virus yang menginfeksi sistem pernapasan manusia. Sebagian besar kasus virus Corona ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan sampai sedang yaitu seperti flu, namun virus ini juga dapat menyebabkan infekasi pernapasan yang berat seperti Mers (Middle-East Respiratory Syndrome), Sars (Serve Acute Respiratory Syndrome), dan pneumonia.

Ada juga yang menduga bahwa Coronavirus ini awalnya ditularkan dari hewan ke manusia, namun kemudian virus ini dapat menular juga dari manusia ke manusia lainnya. Sampai saat ini, belum ada vaksin yang dapat mencegah vaksin virus corona ( Covid-19). Namun, kita masih bisa melakukan pencegahan yang terbaik dalam menghindari terjangkit virus corona ( Covid – 19).

READ  Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas di Indonesia Meningkat Setiap Tahunnya, Pengemudi Disarankan Memiliki Proteksi Tambahan

Yaitu dengan menerapkan physical distancing dengan menjaga jarak sampai minimal 1 meter, menggunakan masker disaat berpergian ke tempat umum, rajin untuk mencuci tangan dengan sabun dan menggunakan hand sanitizer, menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh dengan meminum vitamin. Lalu menjaga kebersihan benda – benda yang sering kita gunakan. Namun bagi yang sudah di duga terinfeksi, harap melakukan isolasi mandiri dan tidak keluar rumah.

Comments are closed.